logo media balangan | MB Install this site on your device

Cara membuat naskah berita yang baik dan benar

Cara membuat naskah berita yang baik dan benar

Rabu, 14 Juni 2023 - Media Balangan, hari ini apakah kalian sudah membaca berita ? seiring berjalannya waktu, berita kini bisa di akses dimana saja dan kapan saja.

Table Of Contents

Tanpa perlu menunggu rilisnya sebuah koran, hanya menggunakan sebuah gatget yang ada di gengaman tangan kamu.

Tetapi saking banyaknya berita apakah berita yang dimuat sudah baik dan benar dalam tata penulisannya ? kali ini akan kita bahas bersama tentang tata cara penulisan berita yang baik dan benar.

Sebelum kita memasuki inti dari artikel yang saya buat kali ini, alangkah baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu apa itu berita, ini 5 pengertian berita menurut para ahli:

Mickhel V. Charniey

Menurut Mickhel V. Charniey, berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian pembaca serta menyangkut kepentingan mereka.

Willard C. Bleyer

Willard C. Bleyer mengatakan bahwa berita merupakan sesuatu yang terkini atau terbaru yang dipilih oleh wartawan untuk dapat dimuat dalam surat kabar sehingga menarik minat bagi pembaca.

William S. Maulsby

Menurut Pendapat William S. Maulsby mengenai pengertian berita adalah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta. 

Berarti berita harus punya arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat hal tersebut.

Eric. C. Hepwood

Eric C. Hepwood berpendapat bahwa berita merupakan laporan pertama dari kejadian penting dan dapat menarik perhatian umum.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian berita adalah tulisan yang memuat informasi yang disampaikan yang berisi peristiwa aktual, penting, dan menarik untuk diketahui publik. 

Oleh sebab itu, berita harus dimulai dan berisi mengenai hal-hal yang nyata atau fakta. [sumber: https://penerbitdeepublish.com/cara-menulis-berita/]

Selanjutnya kita akan memasuki cara untuk menulis berita yang baik dan benar sebagai berikut:

Pilih topik yang lagi ‘hangat’ saat ini

Pertama hal yang wajib kalian lakukan untuk menulis sebuah berita adalah pilihlah topik yang sedang hangat (viral) saat ini.

Selain memudahkan untuk medapatkan informasi, menulis berita dengan topik yang sedang ‘hangat’ juga akan memudahkan kamu untuk ‘menarik’ minat pembaca.

Buat berita yang unik

Untuk membuat berita yang Anda tulis berbeda dari yang lain dan dapatkan lebih banyak pembaca, Anda harus dapat membuat berita dari sudut yang menarik agar terlihat unik dan berbeda dari yang lain.

Misalnya, ketika ada informasi tentang peluncuran aplikasi program pembelajaran, Anda tidak perlu menulis langsung tentang deskripsi aplikasi. 

Tetapi, cobalah menceritakan tentang latar belakang pembuatan aplikasi dan berapa lama prosesnya.

Karena kadang-kadang dalam menulis berita ada saat-saat Anda harus memegang prinsip "sedikit berbeda walaupun sedikit, lebih baik dari pada sedikit lebih baik" yang dikatakan oleh penulis Pandji Pragiwaksono. 

Inilah yang akan membuat berita yang Anda tulis terlihat lebih menarik dan unik.

Masukkan informasi yang penting saja

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf ke dua, salah satu tantangan seorang penulis saat ini adalah ketika sedang menulis berita dengan hebat dan sesingkat mungkin. 

Karena saat ini panjang berita rata-rata hanya 500 kata. Beberapa berita bahkan memiliki panjang kurang dari 400 kata.

Oleh karena itu, ketika menulis berita digunakan untuk memasukkan informasi yang benar-benar diperlukan dan inti dari permasalahan yang ada. 

Tidak seperti jika Anda benar-benar ingin menulis artikel konten yang membahas satu topik, misalnya artikel yang Anda baca sekarang. 

Selain itu, dalam menulis berita jangan lupa untuk memasukkan informasi paling penting di awal. Misalnya tanggal acara, lokasinya, dan informasi penting lainnya.

Masukkan pernyataan dari narasumber

Agar berita yang kalian tulis dapat terlihat meyakinkan dan dapat diandalkan, jangan lupa untuk memasukkan pernyataan pihak sumber. 

Misalnya, ketika Anda ingin menulis berita tentang meluncurkan sebuah aplikasi, Anda dapat menulis pernyataan dari orang yang memelopori pembuatan aplikasi tersebut.

Pernyataan yang dimuat juga harus memang yang sangat penting misalnya "Aplikasi ini untuk diperuntukan kepada kalangan pelajar agar dapat belajar dari rumah dimasa WFH sekarang"

Gunakan bahasa yang mudah dimengerti

Hal penting juga yang perlu kalian lakukan dalam menulis berita adalah menggunakan kata-kata yang mudah dipahami banyak orang.

Jangan hanya karena Anda ingin membuat berita yang Anda tulis terlihat seperti pekerjaan sastra yang indah dan berbeda dari yang lain, Anda menggunakan kata-kata sulit untuk dipahami.

Misalnya Anda menggunakan kata "Eksistensi", meskipun kata tersebut dapat diganti dengan "keberadaan".

Buat berita seobjektif mungkin

Menulis berita yang objektif atau netral dan tidak mengarahkan pembaca ke satu sudut pandang saja adalah hal penting yang juga harus Anda master.

Karena sebagai penulis, Anda harus memberikan kesempatan bagi pembaca untuk menilai acara dari perspektifnya sendiri, apakah pembaca ingin menilai berita itu sebagai hal yang buruk atau baik, tanpa perlu dituntun pada sudut pandang.

Kesimpulan

Dalam menulis berita gampang-gampang susah, karna banyak memiliki aturan dan tata informasi yang harus kalian terapkan. Gampangnya kalian dengan sangat mudah memperoleh informasi sebagai bahan untuk berita dan berbagai macam tools di internet sudah tersedia tinggal kalian pakai.

Sekian dari Media Balangan tentang "Cara membuat naskah berita yang baik dan benar"

Jadi berita apa yang pernah kalian buat ? tulis di kolom komentar ya.

Perkenalkan saya seorang penulis dan personal desainer

Posting Komentar

Silahkah Isi Komentar Disini